-->

10 Januari 2016

Simbol-simbol yang Digunakan dalam Tab Gitar

10 Januari 2016, 3 komentar

Sejauh ini pada posting saya sebelumnya, kita sudah memahami cara membaca tab gitar seperti senar mana yang harus dipetik serta bagaimana kita memainkannya. Semua itu ada dalam posting sebelumnya: pemahaman dasar dalam membaca tabulasi gitar.

Nah sekarang kita akan belajar tentang simbol-simbol lain yang terdapat dalam tablatur gitar. Simbol-simbol ini termasuk informasi penting bagi pembaca tabulasi gitar seperti hammer-ons, pull offs, slide, bends, vibrato dan lain-lain.

Pada standar praktisnya, tablatur gitar menggunakan huruf yang menjadi simbol pengindikasiannya. Seperti indikasi tentang bagaimana kita harus memainkannya. Berikut adalah simbol-simbol yang paling sering digunakan:
  • h - hammer on
  • p - pull off
  • b - bend string up
  • r - release bend
  • / - slide up
  • \ - slide down
  • v - vibrato (kadang ditulis ~)
  • t - right hand tap
  • x - play 'note' with heavy damping.
Pada simbol slide, terkadang menggunakan simbol ‘s’ untuk indikasi baik slide ke atas atau ke bawah. Pada simbol ‘x’ (list paling bawah) digunakan untuk menghasilkan permainan gitar yang ‘choppy’, atau suara senar dianggap jadi bagian perkusi. Jadi, senar tetap dipetik walau suaranya mati.

Penggunaan ‘x’ pada tabulasi gitar ini berbeda dengan penulisan chord/kunci gitar yang sering kita lihat. Sebagai contoh jika kamu menulis chord D, maka akan terlihat seperti:
Simbol-simbol yang Digunakan dalam Tab Gitar
Pada contoh di atas, simbol 'x’ berarti senar tidak dimainkan. Nah, hal ini berbeda dengan tablatur/tabulasi, karena dalam tablatur secara implisit diasumsikan bahwa sebuah senar tidak dimainkan jika tidak ditandai. Jadi jika kord di atas dirubah ke tabulasi akan menjadi:
e-----2----------------------------------------------------------
B-----3----------------------------------------------------------
G-----2----------------------------------------------------------
D-----0----------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------
Perhatikan contoh tablatur di atas, berubah menjadi tanpa 'x'. Sekali lagi, simbol ‘x’ di wilayah tablatur mengartikan bahwa senar mati tetap dipetik untuk dijadikan sebagai bagian dari suara perkusi.  Namun ada juga sejumlah simbol lainnya seperti whammy bar bends, pick scrapes  dan sebagainya. Tampaknya memang tidak ada cara standar tertentu untuk menulis istilah/simbol tab ini.

Seperti tab gitar bass yang mungkin membutuhkan beberapa simbol tambahan untuk indikasi teknik berbeda yang digunakan. Misalnya ‘slaping’ dan 'popping' senar dengan ibu jari atau jari tengah. Kamu bisa menggunakan 's' untuk slap dan 'p' untuk pop selama kamu menulisnya di bawah garis tab untuk membedakan dari slide dan pull off yang akan ditulis pada baris tab.

Sekian dulu perihal simbol dalam tablatur atau tabulasi sebagai informasi penting dalam membaca tab gitar. Untuk penjelasan khusus simbol-simbol tablatur ini, nanti saya bahas di posting selanjutnya. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.(**)

3 komentar

avatar

jangan lupa dikunjungi yeah www.pro-zones.com

avatar

mantap nie gan infonya :)
kunjungi juga yeah infomenarik.site

avatar

Simbol lingkaran yang berada di atas garis ke 1 apa ya?